Logo

Permainan ular tangga unnes sebagai media sosialisasi tumpeng gizi seimbang pada siswa SD Negeri Kalikayen 2 Ungaran Kabupaten Semarang

Fit Radio Talk Bersama Arif Rahmat Kurnia,S.Gz.,M.P.H , Mursid Tri Susilo, S.Gz., M.Gizi dan Ayu Melinda dari Universitas Negeri Semarang

Foto : Fitradio Semarang, Redaksi : Fitradio Semarang

Tumpeng gizi seimbang merupakan media promosi gizi seimbang terbaru yang dikeluarkan oleh kementerian kesehatan. Pedoman ini tidak hanya memperhatikan asupan makanan yang berimbang, tetapi juga termasuk keragaman pangan, menjaga berat badan, aktivitas fisik, dan konsumsi air 8 gelas sehari. Meskipun penting, namun nyatanya sampai sejauh ini popularitasnya masih jauh di bawah empat sehat lima sempurna yang sudah melegenda dan melekat pada ingatan masyarakat luas.

Sekelompok dosen dan mahasiswa Program Studi Gizi, Jurusan IKM, Fakultas Ilmu Keolahragaan UNNES melakukan program pengabdian berupa sosialisasi tumpeng gizi seimbang di SD Negeri Kalikayen 2, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Sosialisasi ini dikemas menarik yaitu dengan bentuk ular tangga sehingga mudah diterima dan dimainkan oleh anak – anak. Permainan ular tangga tumpeng gizi seimbang ini dilakukan oleh siswa kelas 4 dan 5 dengan dipandu oleh mahasiswa – mahasiswa gizi.

Permainan ular tangga ini bertujuan untuk membuat anak – anak lebih mudah mengerti dan memahami tentang konsep dasar tumpeng gizi seimbang sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari.  Ukuran ular tangga ini adalah 2,5 m2 yang jauh lebih besar dari ular tangga biasanya sehingga permainan ini dapat melibatkan seluruh siswa dalam satu kelas. Permainan ini tidak hanya menyinggung aspek kognitif, tetapi juga mencakup aspek psikomotorik siswa. Hal ini tentu akan membantu siswa agar dapat lebih cepat memahami konsep tumpeng gizi seimbang.

Menurut Arif Rahmat Kurnia, ketua tim pengabdian ini ular tangga tumpeng gizi seimbang dapat membantu meningkatkan pengetahuan gizi pada anak – anak. “Analisis yang kami lakukan menunjukkan bahwa ular tangga ini membantu meningkatkan pengetahuan gizi dengan cukup signifikan. Adanya ular tangga ini mempermudah anak – anak untuk memahami konsep tumpeng gizi seimbang yang sejauh ini masih belum begitu populer,” ungkapnya.

 

 Figure 1 Siswa SD Negeri Kalikayen 2 Antusias Mengikuti Permainan Ular Tangga Tumpeng Gizi Seimbang yang Dipandu oleh Mahasiswa Gizi FIK UNNES.

Template Design © Joomla Templates | GavickPro. All rights reserved.