HEALTH LINE NEWS

Kementerian Kesehatan menerbitkan travel advisory atau saran untuk tak bepergian ke Singapura,

Itu karena negara jiran tersebut sudah terjangkit virus Zika. Penderita virus tersebut,

menurut informasi yang diterima Kemenkes RI, berjumlah 82 orang. Angka penderita diprediksi bakal terus meningkat.

"Kita yang mau bepergian (ke Singapura) mungkin boleh memikirkan, kalau kepentingannya sangat penting ya apa boleh buat. Tapi kalau bisa ya ditunda," tutur Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Kemenkes, kata Nila, juga fokus untuk mencegah masuknya virus yang disebabkan gigitan nyamuk itu ke Indonesia.

Nila menuturkan, Kemenkes sudah menginstruksikan seluruh kantor kesehatan di pelabuhan dan Dinas Kesehatan di pintu-pintu masuk ke Indonesia agar memeriksa kesehatan mereka yang baru tiba dari Singapura.  

Petugas Kemenkes bakal mengambil sampel darah orang yang merasa menderita demam tersebut dan memberikan health alert atau kartu kewaspadaan. Jika hasil pemeriksaan darah menyatakan positif, maka orang tersebut akan dipanggil.

"Kita ketahui infeksi virus Zika gejalanya adalah demam dan ada ruam. Tapi lebih ringan dibanding demam berdarah," ujarnya.

Sebelumnya, otoritas Singapura telah mengonfirmasi 41 orang telah terinfeksi virus Zika. Kementerian Kesehatan dan Badan Lingkungan Nasional dalam pernyataan bersama mereka pada Minggu (28/8/2016), menyebutkan, 34 orang telah pulih total dan tujuh orang masih dirawat. Menurut Kementerian Kesehatan Singapura, sebagian besar orang yang terinfeksi adalah pekerja bangunan warga asing.

Virus tersebut sebagian besar terdeteksi melalui pengetesan hari Sabtu (27/8/2016). Namun, pihak Kemenkes RI mendapatkan informasi bahwa jumlah orang yang terjangkit Zika telah bertambah menjadi 82 orang.

 *www.kompas.com

 

 

FIT RADIO NETWORK

Live Streaming

fitradio bandung fitradio semarang
ElMo

Live Streaming Fit Radio Network dapat Anda simak via Aplikasi Elshinta Mobile, dapat diunduh di Google Play dan App Store

Healthy Info

Elshinta TV

Majels

DOKTERKU

Download InfodariAnda (IdA)

InfodariAnda (IdA) adalah aplikasi jurnalisme warga yang dapat Anda unduh melalui GooglePlay dan AppStore. Sampaikan informasi penting yang Anda saksikan atau alami sendiri. Setelah dimoderasi, info dari Anda akan kami muat di InfodariAnda.com dan Elshinta.com, selain juga disiarkan melalui Radio Elshinta dan ElshintaTV. Jadilah Informan yang paling aktif, dan dapatkan reward-nya.