Flowers in Chania

Tidur Usai Nonton Bola, Begini Posisinya Supaya Nggak Sakit Punggung

Posisi tidur yang tidak menyebabkan sakit punggung disarankan untuk tidur dengan berbaring ke samping dan letakkan bantal di antara kedua kaki/Foto: thinkstockDikutip dari detikhealt Mendapatkan tidur malam yang baik sangat penting bagi kesehatan, tetapi tidak banyak orang menyadarinya, apalagi jika kita tidur usai begadang menonton Piala Dunia 2018. Nah, salah satu yang patut diperhatikan adalah posisi tubuh saat tidur. 

Tidur seharusnya menjadi waktu untuk istirahat yang membuat tubuh menjadi lebih segar dan rileks. Alih-alih membuat tubuh terasa lebih enakan, salah posisi saat tidur justru dapat menyebabkan tubuh menjadi kaku, sakit di bagian punggung atau pinggang. 

Seperti dikutip dari Times of India, menurut direktur medis dari Monterfiore Spine Center, Andrew Gitkind MD, orang-orang yang tidur dalam satu posisi sepanjang malam sering mengeluh masalah tulang belakang. Maka itu, penting untuk tidur dalam posisi yang tidak memperburuk kondisi punggung Anda.

 Jika Anda termasuk orang yang suka tidur tengkurap, sudah saatnya tidur dengan posisi tidur yang baik. Saat Anda memposisikan kepala Anda ke samping, itu dapat berdampak buruk pada tulang belakang leher (pangkal leher) Anda. Dalam kasus terparah, itu bisa merusak keselarasan tulang belakang Anda.

 

Posisi tidur yang menguntungkan, khususnya untuk ibu hamil disarankan untuk tidur dengan berbaring ke samping dan letakkan bantal di antara kedua kaki. Selain itu, pastikan juga bantal mendukung leher Anda, bantal tidak boleh terlalu tebal ataupun terlalu tipis. Jika Anda menginginkan tidur telentang, pastikan Anda menempatkan bantal di bawah lutut supaya tidak menyakiti punggung Anda.

 Lantas, bagaimana jika tidak ada yang salah dengan posisi tidur namun masih bangun dalam keadaan nyeri punggung? Jawabannya mungkin karena kasur Anda. Menurut National Sleep Foundation, Anda harus mengganti kasur setiap lima tahun sekali, terutama bagi orang yang menderita sakit kronis.