Flowers in Chania

Diskes Riau larang anak tidak sehat diimunisasi MR

Ilustrasi. Sumber foto: https://bit.ly/2mokmVk

Dinas Kesehatan Provinsi Riau melarang anak kurang sehat seperti yang sedang menderita flu, batuk dan diare divaksin Campak dan Rubella, karena akan kontra indikasi.

"Jadi kami ingatkan para orangtua agar mendekteksi kesehatan anak-anak mereka sebelum diimunisasi MR, " kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Senin (16/7).

Mimi menjelaskan pihaknya sudah menyosialisasikan hal ini kepada petugas dan menyebarkan informasi tersebut kepada pihak sekolah dan layanan kesehatan lainnya. "Kita juga agar menyebarkan melalui baliho dan liflet, dan tiap sekokah dilakukan pemasangan spanduk. Minimal 1 Agustus pihak guru juga diminta menyampaikan ke anak-anak," tutur Mimi.

Tujuannya menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan saat program imunisasi MR tahap II Agustus dan September mendatang dilaksanakan seperti Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Menurut Mimi selain lewat guru pihaknya juga menyosialisasikan hal tersebut menggandeng Dinsos, Kemenag, tokoh agama dan adat dengan harapan hal itu sudah tersampaikan ke semua pihak sebelum pelaksanaan.

Bahkan Diskes sudah memberikan pelatihan kepada tenaga kesehatan yang akan bertugas melakukan imunisasi MR nantinya agar mereka selektif dan memperhatikan larangan tersebut. "Anak flu, batuk, pilek, diare harap ditunda pemberian imunisasi MRnya, pelatihan bagi tenaga medis sudah dilakukan," ujarnya, dikutip Antara.

Bukan hanya itu sambung dia para orangtua yang anak mereka memiliki riwayat penyakit serius dan sedang dalam penanganan dokter bisa meminta surat keterangan dan melampirkannya kepada petugas saat proses imunisasi tahap II dilakukan disekolah.