HEALTH LINE NEWS

Karbohidrat selama beberapa tahun belakang selalu menjadi alasan

sebagai kenaikan berat badan. Padahal jenis tertentu dari karbohidrat tidak menyebabkan badan menjadi lebih  besar. Karbohidrat dengan jenis pati tanah memang secara alami memiliki kandungan karbohidrat. Jenis tersebut memang sering ditemui oleh Anda, seperti kacang-kacangan dan polong-polongan, biji-bijian dan bahkan nasi dan kentang.

Hanya saja, dengan menghilangkan jenis karbohidrat justru malah tidak baik untuk tubuh. Konsultan ahli gizi Rebecca McManamon, dari British Dietetic Association, mengatakan karbohidrat merupakan bagian penting dari asupan makanan dan sangat berhati-hati jika ingin  mengurangi asupannya secara drastis.

"Anda akan mencapai berat badan dalam jangka pendek tetapi tidak berkelanjutan," kata McManamon dikutip dari Independent.

Karbohidrat dijelaskan tidak akan membuat berat tubuh bertambah. Ada bagian serat tertentu yang bermanfaat justru didapatkan dari karbohidrat.

Penambahan berat badan yang terjadi ketika mengonsumsi karbohidrat disumbang oleh porsi yang salah. Sering kali orang-orang mengonsumsi dengan jumlah yang melebihi kebutuhan sehari-harinya.

"Sementara kita harus mengurangi jumlah gula dalam makanan kita, kita harus mendasarkan makanan kami pada karbohidrat tepung. Ada bukti kuat bahwa serat, ditemukan dalam versi gandum karbohidrat tepung misalnya, baik untuk kesehatan kita,"  ujar ahli diet Sian Porter.

Sekitar setengah dari asupan kalori harian manusia harus berasal dari makanan bertepung, buah dan sayuran. Makanan tertentu bahkan mengembangkan pati resisten ketika dibiarkan dingin, termasuk pasta, kentang dan nasi putih.

Profesor Paul Arciero, pakar ilmu kesehatan dan olahraga di New York Skidmore College, melakukan penelitian ke dalam menjelajahi pati resisten sebagai makanan sehat bagi orang-orang dengan diabetes tipe-2. Arciero menjelaskan, setelah tubuh mengonsumsi makanan berkarbohidrat maka persentase tubuh dapat membakar lemak menjadi lebih besar. Pembakaran tersebut sangat memiliki hubungan dengan sumber energi yang luar biasa.

 

"Jika Anda dapat menggabungkan pati resisten dengan telur rebus, atau protein whey, atau protein kacang, atau ayam atau yogurt Yunani, itu kombinasi yang cukup kuat," kata Arciero

 

 

FIT RADIO NETWORK

Live Streaming

fitradio bandung fitradio semarang
ElMo

Live Streaming Fit Radio Network dapat Anda simak via Aplikasi Elshinta Mobile, dapat diunduh di Google Play dan App Store

Healthy Info

Elshinta TV

Majels

DOKTERKU

Download InfodariAnda (IdA)

InfodariAnda (IdA) adalah aplikasi jurnalisme warga yang dapat Anda unduh melalui GooglePlay dan AppStore. Sampaikan informasi penting yang Anda saksikan atau alami sendiri. Setelah dimoderasi, info dari Anda akan kami muat di InfodariAnda.com dan Elshinta.com, selain juga disiarkan melalui Radio Elshinta dan ElshintaTV. Jadilah Informan yang paling aktif, dan dapatkan reward-nya.